Pembekalan Praktik Pengalaman Beracara prodi Hukum melalui Webinar di UT Semarang

Views: 80

Universitas Terbuka sebagai perguruan tinggi negeri yang menggunakan sistem belajar jarak jauh terus berusaha memberikan pelayanan yang prima pada mahasiswa. Salah satu pelayanan yang diberikan adalah kegiatan pembekalan/persamaan persepsi melalui webinar.

Kondisi geografis mahasiswa UT Semarang yang tersebar pada 13 kabupaten/kota di propinsi Jawa Tengah akan membutuhkan waktu, biaya, dan energi apabila harus disatukan dalam kelas dan ruang yang sama ditambah dengan masing-masing aktivitas yang berbeda. Untuk itu, kelas virtual dengan koneksi internet yang akan menghubungkan satu dengan lainnya seperti layaknya kelas tatap muka merupakan sebuah solusi yang tepat dan efisien.

Webinar adalah kelas virtual dimana mahasiswa bisa mendapatkan penjelasan, berdiskusi, dan berinteraksi, baik dengan dosen maupun sesama peserta secara live. Termasuk webinar dalam rangka pembekalan mata kuliah praktik pengalaman beracara/PPB yang merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengantarkan mahasiswa praktik di lembaga peradilan dalam kondisi geografis yang berjauhan. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 60 menit ini menjelaskan tentang prosedur, penilaian, dan tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sehingga mendapatkan nilai yang memuaskan juga keterampilan yang mahir dalam membuat berkas acara (pidana dan perdata). Mahasiswa bisa tetap mendapatkan penjelasan tanpa terkendala dengan jarak dan meninggalkan rutinitasnya.

Rabu, 11 Maret 2020 pukul 14.00 mahasiswa menerima pembekalan dan persamaan persepsi PPB melalui webinar. Acara tersebut dipresentasikan oleh dosen prodi hukum, Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, S.H.,M.H. dan penanggung jawab mata kuliah praktik/praktikum , Dr. Lusi Rachmiazasi, M.Pd. Webinar hanya membutuhkan koneksi internet dan hp/laptop saja. Untuk masuk dalam kegiatan, akan ada link yang diberikan oleh presenter ke mahasiswa sehingga bisa masuk dalam kegiatan. Masa registrasi 2020.1 mahasiswa prodi hukum dengan mata kuliah PPB observasi langsung, ada di pokjar pemalang dengan 2 kelompok. Namun, ada mahasiswa mandiri dari kota Semarang juga tertarik dan antusias mengikuti pembekalan PPB melalui webinar ini.

Modus webinar dalam penyampaian pembekalan/persamaan persepsi mata kuliah PPB di UT Semarang tidak hanya membuat mahasiswa mantap dan percaya diri saat praktik beracara di pengadilan. Skill lainnya juga akan otomatis didapatkan, yaitu mahasiswa mempunyai pengalaman penguasaan teknologi. Dengan teknologi, bisa menjadikan satu dengan lainnya terhubung  layaknya berada dalam satu kelas tatap muka.

Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd selaku direktur UT Semarang juga responsif dalam menanggapi perubahan dengan mendukung program kegiatan pembekalan menggunakan webinar ini. Beliau berharap pembekalan melalui webinar kedepannya tidak hanya sebatas mata kuliah praktik pengalaman beracara saja, tetapi juga mata kuliah praktik/praktikum lainnya seperti praktik perpustakaan, praktik kearsiapan, dan lain-lain. (dian)