Siapkan Pebelajar Mandiri, UT Semarang Gelar Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM) PPs

Views: 88

UT Semarang melakukan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) Program Pascasarjana (PPs). Pelaksanaan dilakukan pada tanggal 28 Pebruari sampai dengan 1 Maret 2021. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, dilaksanakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams. Dengan adanya kegiatan awal secara daring ini memberikan pengalaman dan pengetahuan pada mahasiswa tentang Pendidikan jarak jauh. Mahasiswa dari berbagai kabupaten/kota yang berbeda-beda, dapat disatukan dalam OSMB.

Di tengah wabah Covid-19 yang belum kunjung usai, pelaksanaan OSMB tetap harus dilakukan. OSMB merupakan pengenalan singkat pada mahasiswa di lingkungan belajar yang baru. Adapun tujuan OSMB bagi mahasiswa UT seperti yang ada pada website UT, yaitu untuk mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ dan UT, menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademis, pemahaman wacana kebangsaan dan Pendidikan, mampu belajar mandiri dengan kode etik yang mengikutinya, menumbuhkan persaudaraan dan kesadaran mahasiswa akan tanggungjawab akademiknya.

OSMB merupakan kegiatan implementasi dari EKBM (Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa). Seperti yang tertulis dalam katalog Program Pascasarjana, tujuan EKBM yaitu untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar di UT sehingga memiliki kesiapan dan kebertahanan yang dapat mendukung keberhasilan studi mahasiswa di UT. Mengingat pentingnya kegiatan EKBM itulah sehingga mahasiswa baru diwajibkannya untuk mengikuti OSMB.

Pada hari pertama diberikan materi yang bersifat teoritis. Hari pertama kegiatan dibuka oleh Direktur UT Semarang, Dra. Barokah Widuroyekti, M. Pd. Tidak hanya tentang konsep belajar di UT yang disampaikan, tetapi juga motivasi sehingga mahasiswa antusias mengikuti kegiatan OSMB daring dari pagi sampai sore. Selain itu, kegiatan OSMB PPs ini dihadiri oleh Dr. Siti Julaeha, M.A. sebagai Kepala P5S UT. Informasi yang diberikan oleh beliau sangat lengkap dan sistematis berhubungan dengan PPs. Kehadiran menjadi lengkap dengan adanya Dr. Amalia Sapriati, M.A. selaku penanggung jawab MPDr UT Pusat yang memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa.  Materi lainnya disampaikan oleh tim narasumber dari UT Semarang.

Hari kedua mahasiswa diajak langsung praktik dengan bantuan dan bimbingan ICT UT Semarang. Ada 26 mahasiswa baru UT Semarang yang tersebar di berbagai program studi pascasarjana. 20 mahasiswa baru Program Magister Pendidikan Dasar, 1 mahasiswa Magister Sumber Daya Manusia, 2 mahasiswa Magister Manajemen bidang Minat Keuangan, 1 mahasiswa Magister Manajemen Perikanan, 1 mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan 1 mahasiswa Magister Manajemen Perikanan. Kesemuanya dipandu secara daring oleh ICT untuk melaksanakan praktik, mulai dari registrasi akun SIA sampai pada mengisi kesediaan dan aktivasi akun elearning.

Akhirnya, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini berjalan dengan lancar dan semuanya mahasiswa baru PPs dapat mengikuti dengan baik. Dengan adanya model OSMB secara daring tidak menyurutkan tekad mahasiswa baru mengikuti kegiatan menuju gerbang kesuksesan prestasi.(Dian)