Universitas Terbuka dan Pemkot Semarang Sepakat Bersinergi Tingkatkan SDM Aparatur Kelurahan

Views: 14


Universitas Terbuka (UT) Semarang melakukan audiensi dengan Pemkot Semarang yang diterima oleh Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri.

Dari audiensi yang diawali obrolan ringan tersebut, disepakati sebuah consensus dan komitmen bersama untuk saling dukung dalam hal peningkatan kualitas dan kualifikasi pendidik di Kota Semarang.

Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti menyampaikan, UT Semarang mempunyai gagasan mengenai program kerja sama yang bisa dikembangkan dengan Pemkot Semarang.

Gagasan tersebut yaitu peningkatan kompetensi staf atau aparatur kelurahan melalui Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) yang dimiliki oleh UT. Salah satu program yang diminati dan relevan adalan Program Administrasi Pemerintahan Desa (APD).

“Melalui program ini, peserta yang mengambil mata kuliah di program ini, nantinya dapat melakukan alih kredit untuk kemudian diperhitungkan pada program studi yang ditempuh oleh peserta apabila mereka menjadi mahasiswa UT,” papar Barokah.

Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin menyambut baik gagasan dari UT Semarang. Ia mengatakan, telah mengenal UT sejak awal berdiri dan hingga saat ini ia mengakui bahwa ekstensi UT masih berada di puncaknya.

“Apalagi dengan digelorakannya semangat merdeka belajar oleh Kemendikbud-Ristek, yang makin menempatkan UT sebagai pionernya,” kata Iswar.

Iswar pun berharap agar UT Semarang segera mengambil peran dalam menjalankan semangat merdeka belajar kampus merdeka tersebut.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, untuk menunjukkan komitmen bersama yang lebih jauh dan kongkrit, pihaknya siap membantu membiayai pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di Kota Semarang pada jenjang sarjana.

“Saya berharap agar hal ini segera direalisasikan dalam bentuk komitmen kerja sama, yang harus segera diwujudkan di bulan Juni 2021,” harapnya.

Bagi UT Semarang, hal ini menjadi buah positif atas niat kerja sama antar instansi. Dan dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti agar segera terealisasi.