Views: 19
Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, Universitas Terbuka gelar seminar secara daring dengan tema “Pembangunan Karakter dan Spiritualitas untuk Menciptakan Generasi Unggul di Era Digital”.
Adapun dalam seminar tersebut sebagai narasumber, Rektor Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang, Ridwan Sanjaya, dosen Program Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), serta Muhammad Nasih, dan dosen FKIP UT, Teguh Prakoso.
Diawali dengan sambutan Direktur UT Semarang, Barokah Widuroyekti, seminar yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini berlangsung hangat dan akrab.
Sebelum memasuki materi inti, Direktur UT Semarang menyampaikan apresiasinya terhadap ketiga narasumber yang masih menyempatkan diri sebagai nrasumber di sela kesibukan mereka.
“Silakan peserta menggali pengetahuan dari para narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kompetensinya. Jangan lewatkan kesempatan menarik ini, dan mari kita wujudkan semangat menuju masyarakat yang melek literasi digital,” katanya.
judkan semangat menuju masyarakat yang melek literasi digital,” katanya.
Sementara itu, Rektor UNIKA Semarang Ridwan Sanjaya menyatakan bahwa, saat ini merupakan era keemasan digital. Dan UT secara kelembagaan sudah melaju lebih dulu sejak lahir.
“Dulu pakai radio kalau tutorial, hingga sekarang sudah menggunakan internet untuk kebutuhan tutorial dan ujiannya,” katanya.
Baginya, fenomena yang berkembang saat ini semua unsur kehidupan harus mau berubah jika tidak mau ketinggalan.
“Memanfaatkan banyaknya situs, aplikasi, atau layanan yan suidah begitu dekat dengan kita. Semua tinggal klik, pesan, dan yang kita butuhkan sudah datang di depan kita,” tandasnya.
Sebelum seminar diakhiri, narasumber terakhir, yaitu dosen FKIP UT Teguh Prakoso lebih menekankan pada visi misi UT yang mengedepankan semangat kemandirian mahasiswa dalam belajar.
Ia pun memberikan keyakinan kepada para peserta seminar bahwa UT sangat peduli pada urusan kepentingan digital. Utamanya kebutuhan infrastruktur digitalnya mahasiswa .
“Bagaimana pun juga, mahasiswa adalah pihak yang harus diberikan layanan terbaik dari perguruan tinggi. Layanan utama adalah untuk mahasiswa. Ketika mahasiswa merasa puas karena mendapatkan layanan yang baik maka mereka pun akan mengajak orang lain untuk belajar di UT,” tambahnya.(*)