Medali UT Buat Sang Juara Murotal

Views: 58

Jadi juara lomba murotal, bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak kategori yang harus dipenuhi oleh peserta lomba jika mau mengikuti lomba ini. Adalah kegiatan diskusi ilmiah, pekan olah raga, dan seni Universitas Terbuka (UT) tahun 2021 yang jadi ajang ketiga santri ini. Mereka adalah SITI Nur Alfiah, Alisa Qodrunnada, dan Yuni Afrika. Ketiga merupakan santri pada Pondok Pesantren Al Hikam, Puri, Kabupaten Pati.

Pada ajang tingkat nasional ini, mereka meraih medali perunggu, menyisihkan peserta dari seluruh negeri ini. “Kami bersyukur, karena perwakilan kontingen dari UT Semarang dapat meraih impian mereka. Sebagai wujud rasa syukur ini, Kami berikan medali secara langsung di Kabupaten Pati” ujar Direktur UT Semarang, Drs Moh Muzammil, MM. Dalam sambutannya, ia berharap agar di tahun mendatang akan ada bibit baru yang bisa meraih gelar juara lain, sebagai kontingen berprestasi bagi UT Semarang khususnya.


Dalam wawancara terpisah dengan salah satu perwakilan peraih juara, Nur Alfiah menyatakan, ia tak menyangka akan bisa meraih prestasi ini. “Kami bertiga sudah melihat begitu bagusnya penampilan teman-teman mahasiswa UT dari wilayah lain. Awalnya kami pesimis, tapi akhirnya alhamdulillah bisa lolos juga”, kata mahasiswa Fakultas Ekonomi UT ini.

Sebagai pelatih, KH Abdullah Munif, juga tak luput dari ucapan terima kasih mereka. Kesabaran dan ketekunan dalam memberikan bimbingan pada ketiganya, menjadi modal kekuatan mental sang juara. “Tiga kekuatan yang diajarkan Kyai Munif adalah nada tilawah, tajwid, dan makhrajul huruf begitu sangat dituntut dalam lomba ini. Beliau menuntun kami dengan penuh kesabaran” ucap Alfiah – yang sejak lahir sudah menjadi seorang yatim. Ibunya –  Rosmi – yang bekerja sebagai petani, selalu memberikan dukungan perkembangan ilmu dan pengalaman sang puteri. Sebagai anak sulung dari dua bersaudara, Alfiah pun bersambut dengan menunjukkan prestasinya. Satu nilai positif yang ia tunjukkan pada teman di pesantrennya adalah tetap adanya kesempatan berkarya dan berprestasi ketika ia sibuk kuliah di UT. “Jadi, di UT pun saya dan teman-teman tim murotal bisa berprestasi dan ini sangat membanggakan bagi kami dan pondok tempat kami belajar. Ayo, gabung ke UT karena kesempatan lomba maupun kegiatan lainnya, sangat terbuka lebar”, ujar Alfiah – yang tahun depan berharap bisa meraih prestasi lebih bagus ini. (hasca)