UT Semarang Award Lahirkan Digital Native Berprestasi

Views: 82

Perhelatan acara puncak Universitas Terbuka (UT) Semarang Award tahun 2021 sukses digelar Rabu 1 Desember 2021 di Vicon Room lantai 3 Gedung UT Semarang. Puluhan finalis dari SMA sederajat di berbagai kabupaten/kota Jawa Tengah saling unjuk kekuatan seni dengan menampilkan performa terbaik mereka. Sejak awal audisi di awal bulan Oktober 2021, terjaring bakat mereka dalam berbagai cabang lomba, yaitu festival vokal putera-puteri, lomba band virtual, dan lomba vlog.

Penggagas ide kegiatan ini, dosen Fhisip UT Semarang – Hascaryo Pramudibyanto mengatakan, dengan semangat Sumpah Pemuda, UT Semarang memberikan ajang   untuk menyalurkan  ekspresi seni dan ruang kreatif yang seluas-luasnya bagi siswa-siswi SMA di wilayah kerja UT Semarang.   “Berangkat dari semangat Sumpah Pemuda, event UT Semarang Award dapat menjadi perekat persatuan antar pemuda Jawa Tengah untuk bersama-sama      mewujudkan kreatifitasnya untuk kemajuan bangsa. Selain itu dengan event ini diharapkan masyarakat juga  mengenal UT sebagai pionir pendidikan tinggi jarak jauh.  

“Pelajar SMA adalah digital native yang kesehariannya tidak lepas dari penggunaan gadget dan internet. Untuk itu, kami ingin memberikan kegiatan positif sehingga mereka dapat menggunakan gawainya untuk aspek yang positif juga. Kami berniat menggapai   generasi digital native untuk mengasah daya kreatifitas mereka sebagai bentuk ekonomi kreatif berbasis inovasi digital. Jadi para generasi muda nantinya  tidak hanya sekedar  ber-euforia dalam menggunakan gawai, tetapi juga menggunakan device  untuk aspek edukasi, sportivitas, dan kompetisi. UT sebagai pionir penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan terus mengedukasi masyarakat agar menggunakan teknologi secara tepat guna. UT tidak hanya membekali mahasiswanya dengan pengetahuan, tetapi juga skill dan attitude dalam berteknologi”, ucap Muzammil, Direktur UT Semarang.

Acara UT Semarang Award tahun pertama ini rencananya akan diadakan setiap tahun secara masif. “Jadi para pelajar silakan asah terus kemampuannya, gali potensi diri, dan terus berprestasi, karena UT Semarang award akan hadir setiap tahun. Siapkan diri kalian untuk menjadi pemenang”, tambah Muzammil.

Di penghujung sambutannya, Direktur UT Semarang menegaskan bahwa UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh menjunjung prinsip openness, oleh karena itu untuk menjadi mahasiswa UT tidak ada batasan dalam aspek  usia, bahkan  tahun kelulusan/ijazah. Asal mempunyai ijazah SMA/sederajat bisa menjadi mahasiswa UT”, demikian tandas Muzammil. (dian)