Layanan kami selalu sinambung simultan

Views: 103

Layanan kami selalu sinambung simultan

Universitas Terbuka UPBJJ Semarang

Pemeriksaan hasil kerja ujian akhir semester mahasiswa Program Pendas dalam bentuk uraian, baru-baru ini terselenggara di Ruang Sidang Lantai 3 UPBJJ-UT Semarang. Kegiatan yang diikuti oleh 33 korektor ini berlangsung selama dua hari. Mereka adalah para dosen dari Universitas Negeri Semarang dan Universitas Islam Negeri Walisongo, yang memang memiliki komitmen baik ketika berkolaborasi dengan UT.

Kegiatan enam bulanan ini rutin dilakukan setelah UAS berlangsung. “Kami senang sekali karena dapat membantu proses pembelajaran di UT. Bukan sekadar melakukan  pemeriksaan, namun kami juga melihat tren mahasiswa dalam mendeskripsikan jawabannya”, ujar salah satu korektor. Dan khusus bagi UPBJJ-UT Semarang, hal ini menjadi satu kemudahan tersendiri mengingat bahwa unsur korektor harus berasal dari luar UT. “Dan kebetulan, mitra kami dari luar UT sangat mudah dimintai tolong dan punya komitmen kerja yang baik hingga malam larut”, papar Koordinator Registrasi dan Ujian, Drs Edi Prayitno, M.Pd.

Sama hal dengan kegiatan pemeriksaan Buku Jawaban Ujian Tugas Akhir Program (TAP), Keterampilan Menulis, dan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Program Pendas tahun lalu, pada pelaksanaan kali ini tim harus bekerja ekstra keras karena berdekatan dengan akhir tahun. Seluruh kegiatan dan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangannya harus usai sebelum tanggal di bulan Desember habis. Untuk menyiasati hal itu, panitia pemeriksaan hasil ujian mahasiswa harus bersedia menunggui waktu pelaksanaan koreksi hingga melewati jam kerja. “Ini semua untuk memudahkan pertanggungjawaban kegiatan koreksi karena bagaimana pun juga, UT sudah dibantu oleh para dosen dari luar UT yang juga memiliki kesibukan sendiri”, kata Edi.

Tahap selanjutnya setelah pengoreksian, UPBJJ-UT Semarang akan melakukan pengiriman rekap nilai TAP dan Keterampilan Menulis ke UT Pusat, sedangkan untuk hasil pengoreksian PKP dientry oleh tim UPBJJ. Setelah itu tahap pengumuman nilai UAS dan registrasi mahasiswa di semester berikutnya. Begitulah seterusnya, sirkulasi kerja UT yang dilakukan secara simultan sinambung, guna memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Dengan motto “Melayani tiada henti dengan setulus hati untuk kejayaan negeri ini” disingsingkan lengan maju untuk Universitas Terbuka yang lebih maju. (hasca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *