Sosialisasi  dan Promosi  UT dalam Berbagai Modus

Views: 148

Berbagai upaya dilakukan UPBJJ-UT Semarang untuk meningkatkan jumlah  mahasiswa Universitas Terbuka. Seperti halnya yang dilakukan di UPBJJ-UT Semarang, yang langsung dikomandani Ibu Dr. Suparti, M.Pd, Kepala UPBJJ-UT Semarang. Hari Selasa, 9 Januari 2018. Mulai dari pukul 07.30 bergerak dari kantor UT di Mangkang, Semarang menuju Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang yang berlokasi di Ungaran. Alhamdulillah ditengah jadwal yang padat, Tim Sosporom UT dapat diterima dan bersilaturrahim dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Semarang, Bapak Moh Natsir beserta jajaran pimpinan yang lain yakni Sekretaris Dinas Ibu Astuti, Kabid PTK dan Kasi Pendas.  Disamping berkenalan dengan Bapak Kepala Dinas, Kepala UPBJJ-UT Semarang menyampaikan tujuan kedatangannya, tentunya mohon dukungan terhadap UT dalam meningkatkan jalinan kemitraan antara UT dan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, yang selama ini sudah dibangun bisa terus bersinergi dengan harmonis dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Semarang secara khusus dalam lingkup dinas pendidikan. Kunjungan inipun disambut baik oleh Bapak Kepala Dinas dan beliau siap mendukung semua program UT.

Kegiatan dilanjutkan siaran UT di radio Rasika USA ( Ungaran, Salatiga, Ambarawa) 105,6 FM. Talk show dimulai tepat pukul 09.00 hingga 10.00.  Dipandu Mas Yulius Ardian  mulai mengudara dengan memperkenalkan apa, mengapa,  dan bagaimana UT. Acara dilaksanakan secara interaktif, pendengar bisa langsung bertanya tentang UT dan langsung ditanggapi secara langsung. Acara ini cukup positif dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pendengar, disamping jangkauan radio Rasika tidak hanya USA saja akan tetapi bisa didengar sampai Rembang  dan Blora wilayah timur terjauh UPBJJ-UT Semarang.

 

Kegiatan hari ini tidak berhenti siaran, lanjut bersilaturrahim  dengan Kepala Balai Pengendali Menengah dan Khusus (BP2MK) Wlayah 1 Semarang, Bapak Askuri.  BP2MK merupakan  Satuan kerja baru   dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur  Nomor 117 tahun 2016, di bawah Dinas Pendidikan dan Provinsi Jawa Tengah, membawahi SMA dan SMK negeri dan swasta, yang memiliki tugas membantu dinas pendidikan  dalam melaksanakan tugas teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu dibidang pengendalian unit pelaksanaan satuan pendidikan formal. Di Jawa Tengah sendiri ada 6 (enam) BP2MK yang terbagi dalam BP2MK wilayah 1 s.d. 6. Sedangkan BP2MK Wilayah 1 Semarang  meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kab. Demak, Kab. Grobogan, Kab. Semarang, dan Kab. Kendal.  Hasil pertemuan dengan Bapak Askuri , beliau siap men-support kegiatan UT yang berkecimpung dalam bidang pendidikan. Beliau juga mengizinkan bahkan bersedia ikut serta untuk mensosialisasikan UT di sekolah-sekolah mana kala  diperlukan.

Kegiatan menjelang sore dimanfaatkan untuk menemui Gus Maghfur Siradj di Hotel Santika Semarang, sebagaimana janji yang sudah disepakati sebelumnya untuk bertemu, kebetulan beliau ada rapat kerja di hotel Santika. Pertemuan dengan Gus Maghfur (wakil sekretaris jendral) Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren (MP3) se- Indonesia dalam rangka penjajagan untuk membuka kelas UT di pondok pesantren-pondok pesantren  khususnya di wilayah UPBJJ-UT Semarang. Program yang direncanakan dalam bentuk silaturrahim dengan menghadirkan  pengasuh pondok pesantren dalam wilayah UPBJJ-UT Semarang. Beliau bersedia membantu terselenggaranya program silaturrahim ini agar program kelas UT di pondok pesantren bisa terealisasi dengan baik. (binti)