Tips memilih waktu belajar berdasarkan lokasi

Views: 42

Belajar merupakan salah satu upaya untuk mengubah diri menjadi semakin pandai. Pandai dalam konteks ini bukan sekadar pandai dalam hal ini, namun pengalaman pun juga termasuk bagian kecil dari sebuah kepandaian. Banyak yang mengatakan, pengalaman adalah ilmu paling berharga. Nilai berharganya sebuah pengalaman, pun bergantung pada kebutuhan pemilik pengalaman itu.
Agar seseorang bisa cepat dalam menerima ilmu atau mencari pengalaman, dibutuhkan satu trik yang tepat. Trik ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tak ingin membuang waktu dalam mencari ilmu atau menambah pengalaman. Berikut ini adalah triknya.
Aspek utama dalam belajar adalah tentang lokasi. Artinya, memilih lokasi yang sesuai untuk belajar. Lokasi belajar bisa dipilih sesuai dengan kondisi fisik, kebutuhan suasana, atau waktu. Dari ketiga hal itu, Anda bisa menenukan berdasarkan kondisi fisik. Jika Anda adalah orang yang bisa menempatkan diri dalam segala jenis tempat belajar, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan apapun.
Berbeda jika Anda harus bergantung pada sarana tertentu agar bisa belajar dengan nyaman, misalnya membutuhkan kursi untuk duduk berlama-lama, atau membutuhkan kipas angin sebab Anda tidak kuat jika mengalamin kegerahan. Kemudian, tentang suasana. Suasana belajar bisa Anda tentukan misalnya berdasarkan tingkat keramaian atau kebisingan. Bagi Anda yang terbiasa dengan suasana ramai, Anda bisa belajar di mana pun tempatnya. Jika tidak, berarti Anda harus memilih tempat yang tenang dan bahkan mungkin harus menyendiri.
Selanjutnya adalah tentang waktu. Yang bisa dipilih dari hal ini adalah ketersediaan kesempatan Anda sesuai dengan kesibukan yang Anda jalani. Jika Anda adalah pekerja pagi hingga sore, maka malam adalah saat yang tepat untuk belajar. Namun jika Anda adalah seseorang yang bekeja secara shift, maka Anda harus pandai-pandai memilih dan menentukan waku belajar Anda, walaupun hanya beberapa saat saja. Untuk aspek lain yang menjadi bagian dari tips belajar, akan diulas pada artikel selanjutnya. Selamat mencoba. (hasca)