Belajar sesuai prioritas, lebih hemat waktu

Views: 41

Belajar dalam suasana santai/ pixabay.com

Ketika esok hari ada ujian, tentu yang Anda lakukan adalah persiapan.Yang pasti sudah dan harus disiapkan adalah bahan yang akan dipelajari. Andaikata esok hari ada beberapa mata kuliah yang diujikan, Anda tak perlu panik.

Namun, saran ‘tak perlu panik’ perlu disadari sebelumnya bahwa Anda memang sudah melakukan proses belajar sebelumnya dengan cara menyicil. Sudah ada beberapa materi yang dipelajari di minggu-minggu lalu, tentu akan bisa menenangkan hati.

Dengan sisa waktu yang begitu mepet, Anda masih harus berjuang untuk mempelajari materi ujian esok dengan sisa tenaga yang mungkin sudah banyak terkuras sebelumnya. Jika ini yang Anda hadapi, gunakan skala prioritas untuk mengatasi hal tersebut.

Skala prioritas dalam belajar, bisa diterapkan dengan cara memilih bahan belajar secara selektif. Perlu ada sikap prediktif agar Anda tidak terkungkung dalam suasana dan waktu belajar yang banyak tersia-siakan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa untuk memiliih dan menentukan materi ujian dari bahan belajar, bisa dilakukan dengan menyusun intisari bacaan sesuai dengan judul bab dan subbab pada buku yang dipelajari.

Dari bab dan subbab itulah dapat diketahui inti atau pokok pikiran tiap bahasan, teori , contoh kasus, dan menyusun soal dugaan yang akan muncul esok. Anda bisa menyusunnya sesuai selera, dengan model jawaban esai, pilihan ganda, atau membandingkan.

Dengan cara sederhana ini, Anda akan merasakan kenyamanan dan tidak terburu-buru dalam belajar, agar esok harinya Anda mengikuti ujian dengan kondisi badan sehat. (hasca)