UT Diberondong Prestasi Akreditasi

Views: 95

Keren. Satu kata ini cukup buat menunjukkan rasa syukur Universitas Terbuka yang minggu lalu mendapatkan pengakuan akreditasi A. Melalui Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 10194/SK/BAN-PT/Ak/S/XII/2022, ditetapkan bahwa  Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), pada Program Sarjana Universitas Terbuka berhak menyandang predikat berakreditasi A.

Predikat ini menjadi rentetan prestasi UT yang bulan lalu juga mendapatkan pengakuan berakreditasi A bagi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seolah sedang berlomba mendapatkan pengakuan ini, tiap program studi di UT sedang bekerja keras untuk membuktikan kemampuan mereka.

Bukan perkara mudah untuk meraih prestasi ini sebab dibutuhkan kesadaran, tanggung jawab, dan kerja keras dalam menyusun dokumen akreditasi yang jumlahnya tak sedikit. Apalagi, UT mengusung konsep pendidikan jarak jauh yang secara faktual mayoritas berkas atau dokumennya terserak di kantor UPBJJ, walaupun sudah terbackup secara digital juga.

Dengan capaian ini, maka alumni UT – khususnya alumni PG-PAUD semakin yakin dengan proses dan hasil pendidikan yang telah mereka tempuh di UT selama ini.  Direktur UT Semarang, Drs. Moh Muzammil, MM mengaku bahagia dengan hasil ini. Ia menyebut, “akreditas A untuk PG-PAUD menjadi modal bagus untuk mahasiswa dan alumni, serta UT sendiri yang dengan gigih memperjuangkan predikat ini. Kita patut bersyukur  dan menjaga prestasi ini agar ke depannya semakin baik”, ajaknya.

Bagi pengurus kelompok belajar yang menangani program studi ini, dapat meningkatkan animo calon mahasiswu baru yang ingin kuliah di UT. “Harapan masyarakat di wilayah Kabupaten Pekalongan khususnya, program studi PG-PAUD UT masih menjadi idola guru-guru muda yang belum memiliki ijazah S1. Dengan adanya akreditasi A ini, semoga semakin meningkatkan angka partisipasi calon mahasiswa baru di Pekalongan”, ujar Eko P, pengurus kelompok belajar di wilayah Buaran, Kabupaten Pekalongan ini.

Berdasarkan SK BAN-PT, pemberian status akreditas A bagi PG-PAUD UT ini berlaku hingga Desember tahun 2027. Setelah itu, program studi wajib melakukan dan mengikuti uji akreditasi kembali untuk memastikan bahwa program studi ini masih berhak menyandang akreditasi A sesuai dengan kemampuan layanan dan prestasi dosen-dosen di program studi tersebut. (hasca)